Rabu, 17 Agustus 2016

PERKEMBANGAN ILMU SOSIAL

Perkembangan Ilmu Sosial

 Hasil gambar untuk ILMU SOSIAL
Ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik manusia dengan lingkungannya, terutama lingkungan sosial dasar manusia.pada zaman Yunani semua ilmu pengetahuan  pernah menjadi  bagian dari filsafat yang dianggap sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan (mater scientarium). Dengan adanya perkembangan zaman dan tumbuhnya peradaban manusia, berbagai ilmu pengetahuan yang tergabung dalam ilmu filsafat tersebut mulai memisahkaan diri dan berkembang sesuai dengan tujuan setiap disiplin ilmu, yaitu untuk menjawab setiap fenomena alam dan sosial yang muncul dalam kehidupan manusia.
Pada abad ke-19 lahir dua ilmu pengetahuan baru, yaitu psikologi yang mempelajari perilaku manusia dan sosiologi yang mempelajari sistem sosial masyarakat. Pada abad ke-19 ilmu sosial belum berkembang dan belum mempunyai teori dan metode ilmiah yang baku. Kondisi tersebut terjadi karena  ilmu sosial seperti ilmu sejarah dan sosiologi masih memakai pendekatan penelitian ilmu alam
Dalam penelitian ilmu sosial yang memakai pendekatan ilmu alam, pengukuran-pengukuran dilakukan karena akibat berusaha untuk dijelaskan dan pengumpulan data angka lebih diutamakan untuk menjelaskan sebuah fenomena sosial kultural. Teknik yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan memanfaatkan pengumpulan data melalui data kuesioner.
Selanjutnya, para perintis ilmu sosial seprti Max Weber mulai menggas teori ilmu sosial yang mampu menjelaskan masalah sosial budaya yang timbul di masyarakat. Sejak itulah lahir berbagai disiplin ilmu sosial, seperti :
1.       Sosiologi yang membahas perkembangan masyarakat,
2.       Antropologi yang membahas dinamika budaya masyarakat,
3.        Psikologi yang membahas masalah perilaku kejiwaan manusia,
4.        Ilmu ekonomi yang membahas aktivitas dagangan dalam masyarakat  dan
5.        Ilmu politik yang membahas masalah kekuasaan dalam masyarakat.   

0 komentar:

Posting Komentar